Mata kuliah paling unik yang pernah kuikuti: Creativity & Innovation

Mungkin selama ini banyak orang membenci hari Senin, karena senin adalah waktunya untuk kerja lagi, belajar lagi, buat PR lagi, setelah mereka santai santai di weekend sebelumnya.

Tapi hal ini tidak berlaku bagi saya dan teman teman yang mengambil mata kuliah MB4048, karena kami punya senin yang menyenangkan! Yak hari senin kami mengikuti pelajaran Creativity & Innovation. Kelas ini agak berbeda dengan mata kuliah lainnya. Walaupun hampir setiap minggu kami dapat tugas dan PR, tapi saya tidak pernah merasa terbebani untuk melakukannya. Suasana belajarnya santai, tapi banyak pelajaran penting yang kami dapatkan.

Dosen saya, Pak Agus Nggermanto atau biasa dipanggil sebagai pak Ngger atau Pak Apiq adalah sosok yang sangat inspiratif bagi saya. Beliau selalu bisa “pamer” kehebatan dan ke-kreativitasannya, tanpa terlihat menyombong, malah kesannya lucu. Hehehe..

Yang tidak kalah kerennya, pak Apiq juga dibantu oleh seorang tutor, namanya Kak Bayu. Beliau sering memutarkan video video futuristik dan kreatif. Dengan adanya video video dan penjelasan yang mudah dimengerti dari Kak Bayu, kuliah Creativity & Innovation ini jadi semakin asik aja deh!

Di sela sela sesi kuliah pak Apiq sering memberi kita kuis hitung hitungan atau case yang keliatannya “njelimet”. Sering sering saya heran, dengan ide ide/cara penyelesaian yang dimiliki pak Apiq. Beliau sangat hebat dalam menyederhanakan persoalan. Sering sering kita terjebak dalam pemikiran kita sendiri, yang menganggap suatu persoalan itu susah dan harus diselesaikan dengan cara konvensional (yang mungkin sudah diajarkan sejak SD, SMP, SMA, dan di bangku kuliah). Namun pak Apiq membuka pikiran saya, untuk berpikir “out of the box” dan berpikirlah seperti anak kecil, jangan dibawa terlalu ribet lah. Berikut adalah video bapak dosen saya yang sedang mengajarkan matematika kepada anak anak. Kurang lebih suasana perkuliahan kami se-menyenangkan inilah, bedanya kelas kami tidak warna warni. ๐Ÿ™‚

Materi yang kami pelajari di perkuliahan ini adalah; seperti namanya; pada awal perkuliahan kami mengulik habis tentang apa sih berpikir kreatif itu, apa itu inovasi, bagaimana cara melatih ke kreativitasan dalam diri kita. Kita mungkin tidak terlahir sebagai orang yang brilian atau sangat kreatif, namun dengan belajar dan berlatih kita bisa menjadi orang yang cerdik dan kreatif. Being creative is sooo fun!!!

Tahap tahap pembelajaran menjadi kreatif mungkin bisa saya simpulkan menjadi 3 bagian:

Think out of the box

Mungkin selama ini kita sudah terbiasa dengan cara berpikir konvensional, teratur, dan rapi sesuai rumus, kaidah, atau aturan. Nah dalam mata kuliah ini, kami diajak untuk membebaskan diri dari batasan batasan yang sebenernya menghambat kita untuk maju.

Group Discussion

Untuk selalu berkembang dan tetap berinovasi kita perlu berdiskusi dengan beberapa teman kita. Dalam proses idea generation, kita perlu melakukan brainstorming, picture talks, dan menerapkan metode SCAMPER. Sebuah ide akan berkembang dengan baik bila didiskusikan dengan teman teman. Dalam proses brainstorming kita bisa menerima masukan dari berbagai sudut pandang untuk menyempurnakan ide awal kita.

Creative Business Model

Banyak bisnis yang sebenarnya fundamental nya kuat namun karena mereka tidak bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan keadaan “fast innovation”, akhirnya mereka jatuh juga. Untuk membuat sebuah bisnis yang bisa survive, diperlukan inovasi yang terus menerus di dalamnya. Dalam proses inovasi bisnis, apa sih hal yang perlu diperhatikan? Sebenarnya sederhana saja, yaitu terus menerus memperbaiki diri. Lihat dan mengertilah apa yang diinginkan customer. Mengerti apa keinginan mereka, mengerti cara hidup dan kebiasaan mereka, dan mungkin kebutuhan yang mereka sendiri belum sadari.

Untuk materi lengkapnya, baca previous post saya di blog ini yaa!! ๐Ÿ˜€

Pengetahuan yang saya dapatkan dalam mata kuliah Creativity & Innovation ini sungguh memberi dampak nyata bagi saya. Pola berpikir kreatif ini saya terapkan ketika saya sedang mengikuti salah satu lomba membuat Business Plan. Saya memiliki ide, diskusikan dengan beberapa teman, dan juga mempresentasikannya kepada investor. Dan terbukti para investor memang sangat tertarik dengan sesuatu yang baru dan sifatnya inovatif!

Saya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada dosen saya, pak Apik dan tutor saya, Kak Bayu.

Pembelajaran selama satu semester kemarin sangat menyenangkan dan berguna!

Salam kreatif!

Best regards,

Kristia

1 Comment (+add yours?)

  1. augustinemerriska
    May 16, 2011 @ 16:44:28

    Setujuuu banget nih sama postingannya ia!!

    Reply

Leave a Reply

