Sarang Sari Siap Menari di Panggung Dunia

Tahukah kamu apa itu Sarang Sari?

Jika kamu bertanya dengan anak muda jaman sekarang mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. Tapi jika kamu bertanya dengan para “abg” (angkatan babe gue) mungkin banyak yang ingat dengan brand sarang sari. Yak Sarang Sari sendiri adalah brand sirup yang berasal dari gula batu asli. Sarang Sari ini merupakan sirup jadul yang pernah jaya sejak tahun 1930an hingga 1990an awal. Sejak 75 tahun yang lalu, tak banyak yang berubah dari tampilan sirup ini, yaitu dalam botol hijau dengan label warna orange. Pada awalnya pabrik sirup ini dimiliki oleh seorang pengusaha dari Groningen-Belanda bernama De Wed Bijlsma. Pabrik ini beberapa kali berpindah kepemilikan. Pemilik terakhirnya adalah Rahmat Semedi yang membeli pabrik ini pada tahun 1981. Ketika itu usaha sirup sedang naik daun di Indonesia, persaingannya juga belum terlalu ketat. Pemain utama di dunia per-sirupan saat itu adalah sirup Bango, ABC, Marjan, dan Sarang Sari ini sendiri. Ketika itu Sarang Sari bisa menjual dan memproduksi sirup hingga 1 juta botol per tahun. Sarang Sari merupakan market leader di era nya. Namun sayang semenjak tahun 1990-an, sirup ini susah bersaing dengan minuman minuman instan lain seperti coca cola dan jus dalam kemasan tetrapack. Sebenarnya menurut saya pribadi sirup ini memiliki kualitas tinggi dan rasanya juga enak sekali. Pada masa masa sekarang ini sebenarnya masih banyak orang yang mencari sirup ini, namun sirup ini sudah sulit untuk dicari. Banyak blog blog pribadi yang bercerita mengenai kelezatan sirup Sarang Sari ini, dan hamper semua mengeluh bahwa sirup ini sudah sulit untuk ditemukan. Mengapa sulit dicari? Hal ini terkait dengan terbatasnya dana yang dimiliki oleh perusahaan.

Why Syrup?

Hampir semua orang di dunia menyukai makanan manis. C. Czarnikow Sugar Futures Ltd mengungkapkan bahwa konsumsi gula global akan meningkat 53% dalam 20 tahun ke depan seiring dengan perkembangan perekonomian India, Afrika, dan China. Saat ini konsumsi gula di Asia adalah 40% dan Afrika sekitar 10% dari konsumsi dunia. Angka ini dipercaya dapat naik terus seiring dengan peningkatan taraf ekonomi Negara Negara berkembang. Berdasarkan data tersebut saya percaya bahwa sirup gula asli juga memiliki potensi pasar yang cukup baik di dunia dan perkembangannya juga hampir dapat dipastikan akan meningkat terus pada tahun tahun mendatang.

Why Sarang Sari Syrup?

Menurut saya sirup Sarang Sari ini memiliki potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan karena sirup ini memiliki kekhasan rasa yang hampir tidak dimiliki oleh sirup merk lain.  Kebanyakan sirup dapat menimbulkan batuk ketika dikonsumsi karena mereka menggunakan pemanis buatan, pewarna buatan, pengawet, dan bahan kimia tambahan lainnya. Bertolak belakang dengan pendapat orang mengenai sirup yang sekarang banyak beredar, sirup Sarang Sari ini bahkan banyak dianjurkan oleh para orang tua kepada anaknya untuk dikonsumsi ketika sakit tipes atau hepatitis A. Pendapat seperti dapat terbentuk di pikiran masyarakat mungkin karena mereka sudah percaya bahwa sirup ini sungguh aman untuk dikonsumsi. Sarang Sari sampai saat ini masih bertahan sebagai produsen sirup yang menggunakan bahan baku gula asli dan bahan bahan alami Indonesia. Mungkin hal itu pula yang menyebabkan sirup ini harganya mahal di pasaran.  Tapi dengan promosi yang tepat sasaran, saya rasa Sarang Sari bisa kembali menjadi market leader di Indonesia, bahkan go internasional. Varian rasa sirup Sarang Sari ini adalah:

  • Frambozen

  • Vanili

  • Manalagi

  • pisang ambon

Rasa yang ditawarkan sirup ini sangat khas Indonesia, bahan bahannya juga mudah didapatkan di negara kita sendiri. Sarang Sari pernah mencoba untuk memproduksi sirup rasa blueberry tapi ternyata tidka laku di pasaran. Konsumen sudah terlanjur jatuh cinta dengan rasa klasik sirup Sarang Sari.

New Innovation Strategy & Business Model to Enter International Market

Saat ini kendala terbesar Sarang Sari untuk memperluas pasarnya adalah biaya. Alangkah baiknya apabila perusahaan lokal ini mau bekerjasama dengan perusahaan global yang sudah berpengalaman di bidangnya dan tentunya sudah menguasai pasar dengan baik. Contoh brand lokal yang dapat berkembang pesat karena diakuisisi oleh perusahaan multinasional adalah Kecap Bango yang sekarang berada dalam naungan PT. Unilever Indonesia. Saya rasa perusahaan sirup Sarang Sari cukup menarik untuk diakuisisi oleh PT. Unilever Indonesia, karena bisnis ini memiliki core bisnis yang sama dengan salah satu core bisnis Unilever yaitu di bidang food and beverage, memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi brand global, berpengalaman di industri sirup lebih dari 10 bahkan 75 tahun, dan memiliki modal terbatas sehingga susah untuk ekspansi atau berpromosi. Dalam naungan perusahaan skala internasional, hambatan sirup Sarang Sari dalam hal pendanaan semoga dapat terselesaikan. Hambatan lainnya yang dihadapi produsen sirup ini adalah harga gula yang fluktuatif. Untuk membuat bisnis model yang kuat, sebaiknya perusahaan ini bekerja sama dengan pabrik gula atau memiliki lahan tebunya sendiri, sehingga mereka tidak terpengaruh dengan naik turunnya harga beli gula.

Value Proposition

“Sarang Sari classic taste evokes sweet memories”

Saat ini sudah jarang makanan atau minuman yang menawarkan cita rasa klasik yang murni.Kenangan manis yang ingin dibangkitkan sirup Sarang Sari adalah kenangan mengenai masa kecil yang indah, suasana rumah yang nyaman, atau waktu waktu bersama keluarga Anda. Cita rasa khas sirup Sarang Sari yang terbuat dari gula asli, mungkin mirip dengan minuman buatan ibu atau nenek kita.  

Customer Segments

Secara umum target utama dari sirup Sarang Sari ini adalah masyarakat kalangan menengah ke atas. Salah satu target potensial yang dibidik Sarang Sari adalah ibu ibu muda dari kalangan menengah ke atas. Mengapa ibu muda? Biasanya ibu akan memberikan yang terbaik bagi keluarganya terutama untuk anaknya. Pada masa pertumbuhan anak anak memerlukan asupan gula yang cukup untuk memberi energi bagi kegiatan mereka. Jangan biarkan lemari dapur Anda kosong, tanpa kehadiran sirup Sarang Sari. Sarang Sari juga banyak dicari oleh ibu ibu Indonesia yang tinggal di luar negeri. Mereka biasanya kangen dengan citarasa sirup Sarang Sari yang sering mereka rasakan di rumah. Sirup ini biasanya dibuat ketika ada acara kumpul ibu ibu untuk arisan atau sekedar nostalgia. Berikut adalah foto kumpul kumpul Dharma Wanita Persatuan di Paris. Mereka membuat aneka minuman berbahan dasar sirup Sarang Sari! Karena kualitas premiumnya, sirup Sarang Sari juga layak untuk dipakai sebagai bahan dasar pembuat minuman di hotel hotel berbintang.

Core Capabilities

Core capabilities yang dimiliki sirup Sarang Sari adalah akses terhadap bahan baku yang mudah yaitu pabrik gula/lahan tebu yang dimiliki sendiri. Pabrik sirupnya juga memiliki kapasitas yang cukup besar untuk memenuhi demand internasional. Pengalaman pabrik ini selama lebih dari 75 tahun juga membuat Sarang Sari memiliki akses yang mudah terhadap bahan bahan perasa tambahan alami seperti framboze, vanili, dan pisang ambon. Sarang Sari jua sebaiknya mengikuti tes Food & Drug Agency (FDA) agar mudah menembus pasar Internasional khususnya Amerika.

Partner Network

Seperti disebutkan sebelumnya dalam naungan perusahaan multinasional, Sarang Sari dapat memperbaiki sistem produksi, keuangan, dan pemasarannya. Untuk partnernya sirup Sarang Sari dapat bekerjasama dengan Dharma Wanita Indonesia yang ada di seluruh dunia. Sebagai wujud marketing below the line nya Sarang Sari dapat meng-approach hotel hotel berbintang di Negara Negara yang memang penduduknya menyukai makanan manis seperti, AS, Rusia, Uni Eropa, dan Uni Emirate Arab. Strategi yang dapat di terapkan adalah Sarang Sari bekerja sama dengan produsen minuman khas Indonesia yang terkenal lezat seperti:

Es teler Es Cendol Es Blewah

Bantu UKM Indonesia yang memiliki resep minuman yang lezat untuk juga go international. Biasanya hotel hotel berbintang terbuka terhadap resep resep makanan atau minuman baru selama resep tersebut lezat dan terbuat dari bahan baku berkualitas. Alangkah baiknya sirup Sarang Sari dapat merangkul UKM produsen minuman terbaik Indonesia dan membantu mereka menawarkan resepnya ke hotel hotel di luar negeri. Di dalam resep yang ditawarkan, harus mengandung Sarang Sari sebagai bahan baku utamanya. Jadi ini seperti simbiosis mutualisme antara UKM, Sarang Sari, dan Hotel hotel mancanegara. Sarang Sari juga bisa bekerja sama dengan panitia panitia festival makanan dari seluruh dunia. Banyak sekali opportunity yang bisa dimasuki oleh sirup Sarang Sari ini.

Distribution Channels

Distribution channel utama sirup Sarang Sari adalah Negara Negara Asia yang masih memiliki selera yang serupa dengan masyarakat Indonesia seperti Singapur, Malaysia, India, dan Cina. Selain itu sirup ini juga akan didistribusikan ke Negara pengimpor gula terbesar seperti Amerika, Uni Eropa, Uni Emirat Arab, dan Rusia.

Cost Structure

  • Production Cost

Dengan perluasan market yang akan dilakukan Sarang Sari, tentu saja biaya produksi juga akan meningkat.

  • Shipping Cost

Biaya pengangkutan produk dari Indonesi ake Negara tujuan ekspor.

  • Penetration Cost

Biaya ini diperlukan untuk memasarkan produk sirup Sarang Sari ini ke partner partner yang sudah disebutkan sebelumnya.

Revenue Streams

Keuntungan didapatkan dari penjualan sirup  di Negara Negara tujuan, baik itu dari penjualan retail maupun penjualan secara grosir ke hotel atau restoran ternama. Sejalan dengan pengembangan sayap sirup Sarang Sari ini di pasar Internasional, perusahaan ini juga memperkuat posisinya di Indonesia dengan cara bekerja sama dengan pengusaha minuman lokal. Hubungan Sarang Sari dengan pengusaha lokal ini merupakan simbiosis mutualisme. Ke depannya diharapkan Sarang Sari bisa mengadakan festival minuman khas Indonesia sebagai salah satu alat promosi domestiknya, syukur syukur ke depannya Sarang Sari bisa membawa festival minuman khas Indonesia ini ke pasar Internasional.

Conclusion

Walaupun Sarang Sari adalah merk jadul yang mungkin sudah hampir dilupakan, namun bukan berarti brand ini tidak memiliki kesempatan untuk bangkit dari “mati suri”nya. Masih banyak penggemarnya yang menantikan rasa klasik yang ditawarkan sirup ini. Untuk mengatasi kendala dalam perkembangannya, Sarang Sari perlu bekerjasama dengan perusahaan multinasional seperti Unilever, Heinz, atau perusahaan lainnya untuk tetap survive di market domestik maupun market internasional. Proses akuisisi yang dilakukan perusahaan multinasional dapat membantu Sarang Sari dalam bidang pendanaan produksi dan perluasan pasar. Kegiatan marketing lebih banyak dilakukan secara below the line, dengan cara pendekatan kepada komunitas para ibu yang ada di seluruh dunia, pendekatan ke restoran/hotel berkelas, dan pada festival festival makanan dunia. Sarang Sari juga mempunyai misi untuk menggandeng UKM lokal Indonesia yang memproduksi minuman minuman khas yang lezat untuk dapat diperkenalkan kepada khalayak dunia. Semoga Sarang Sari bisa “menari” di panggung internasional yaa. Amin.

Advertisements

13 Comments (+add yours?)

  1. fadilaparamitha
    May 13, 2011 @ 17:31:33

    mau dong mba klo ada test pasar, saya jd klinci percobaanya buat minum sirop mulu 🙂

    Reply

  2. augustinemerriska
    May 16, 2011 @ 16:47:06

    gilak gilak jadi pengen minum sirop!! ayuk kita bawa sirup sarang sari ke kancah internasional!

    Reply

  3. kristiagie
    May 16, 2011 @ 16:49:52

    ayo ayo ayo..
    cari dimana yaa tapi..
    hehehheh..
    *langka*

    Reply

  4. Bibir Edy Berkata
    Oct 23, 2011 @ 03:55:27

    uugghh dah 3 hari nyari sirup ini tapi belum nemu juga,ada masukan ga???

    Reply

  5. Arif
    Nov 11, 2011 @ 09:12:00

    Dimana ya bisa dapat syrup sarang sari ini??

    Reply

  6. khairul
    Jan 18, 2012 @ 06:39:26

    gimana dengan sertifikat HALAL-nya ?

    Reply

  7. Reinhart Bintang
    May 23, 2012 @ 15:06:34

    sirup sarang sari banyak dijual di supermarket NAGA dan TIP TOP. semua rasa ada, kecuali rasa blue berry. harus langsung dari pabriknya. kekurangannya,kenapa ga ada sertifikat HALAL nya yah…..?????

    Reply

  8. mohammad dian
    Jul 14, 2012 @ 08:05:56

    go..go..go…sarang sari !!!

    Reply

  9. kia
    Jul 18, 2012 @ 05:10:25

    di Superindo biasanya ada sirup sarang sari. just sharing aja, my nyokap juga gak pernah mau minum sirup lain kecuali sarang sari. mungkin sejak jaman nenek dulu udah minumnya sirup ini, makanya jadi kebiasaan. gak bisa kelain sirup. hehehehehehe

    Reply

  10. antonelf
    Jul 18, 2012 @ 12:30:03

    di giant w pernah liat gan hehe

    Reply

  11. any
    Apr 14, 2013 @ 07:25:31

    sirup ini masih banyak diproduksi dan bisa didapatkan di supermarket, hypermart atau minimarket terdekat ..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: