Design thinking: Jangan takut dibilang aneh!

Eh teman teman, uda pernah nonton sesuatu yang seperti di video di bawah ini belum?

Keren banget yaaa!! Video tadi adalah salah satu contoh video mapping yang pernah dibuat diluar negeri.

Ternyata anak bangsa sudah ada yang bisa membuat proyek seperti itu, nama pemuda kreatif itu adalah Adi Panuntun. Dia sukses melukis di atas Museum Fatahilah-Jakarta dengan media cahaya laser. Karya tersebut merupakan sebuah karya pembuktian kehebatan anak bangsa sekaligus masih adanya kepedulian yang kuat terhadap warisan bangsa. Ada satu alasan kuat, dibalik pemilihan museum sebagai media karya video mapping. Kak Adi ingin membuktikan kepada anak muda Indonesia lainnya bahwa museum bukanlah sesuatu yang membosankan, dengan adanya video mapping kak adi mengingatkan lagi kita untuk menghormati warisan leluhur kita.

Saat ini Kak Adi telah memiliki rumah produksinya sendiri yang bernama PT. Sembilan Matahari. Dalam segala karya yang dibuatnya, kak Adi menerapkan metode Design Thinking. Apa sih sebenarnya desain thinking itu?

Design thinking adalah suatu cara berpikir yang praktis dan kreatif dalam memecahkan suatu masalah atau pekerjaan. Esensi dari desain thinking ini adalah menggabungkan empati, kreativitas, dan pikiran rasional dalam pemecahan masalah. Design thinking adalah hal yang membedakan seorang desainer dengan engineer.

Engineer adalah orang yang bekerja menjawab fungsi dan mengaplikasikan pemikiran designer. Biasanya engineer menggunakan pola analytical thinking.

Designer adalah orang yang menjawab people interest dengan menyertakan perspektif seni pada proses berpikirnya (design thinking).

Modal dalam design thinking adalah jangan pernah takut salah dan berpikirlah outside the box. Kita dapat melayangkan imajinasi kita terbang sebebas mungkin ketika sedang melakukan design thinking, namun ada 3 hal yang dapat dijadikan tolok ukur ide dari berpikir design thinking, yaitu:

Proses dari design thinking adalah seperti dibawah ini:

Observe

Pada tahap observe, kita perlu melakukan riset secara langsung untuk memahami keinginan konsumen atau user.

Synthesize

Mencari unstated needs untuk kemudian membuat penyelesaian yang actionable.

Brainstorm

Pada tahap brainstorm, kita sebaiknya mencari partener yang bisa diajak berdiskusi dan pada diskusi tersebut masing masing anggota dapat mengeluarkan semua ide yang mengarah pada solusi.

Vote

Dalam proses ini anggota tim dapat mencari ide terbaik dengan menggunakan ketentuan Desirable, Viable dan Feasibility.

Prototype

Membuat contoh produk untuk dites dan kemudian dievaluasi apakah masih ada yang kurang ataupun berlebihan.

Story Tell

Mengenalkan hasil ide atau produk kepada masyarakat agar mereka tertarik dan menggunakan hasil dari design thinking kita.

Nah uda tau kan sekarang, proses dari design thinking itu apa aja. Sekarang yuk kita bareng bareng mempraktekannya. Misal kita diberi dua benda yang saling tidak berhubungan yaitu buah apel dan board marker. Kedua benda ini bisa dijadikan apa yaa..??

 

Menurut pemikiran saya yang nyeleneh, saya akan membuat marker yang bisa menulis diatas kripik apel. Heheh.. aneh kan? Iya dong, kita kan harus berpikir secara out of the box.

Kripik apel malang adalah salah satu penganan khas Indonesia. Kripik apel itu kaya manfaat lo, selain memiliki banyak serat, apel juga memiliki kandungan vitamin C dan potasium yang tinggi. Selama ini kripik apel biasanya dijadikan sebagai oleh oleh khas kalau kita berkunjung ke Malang. Tapi kalau sehari hari, apa sih snack yang kita makan? Umumnya sih jajanan ber-MSG yang rasanya nagih. Memang kripik apel belum se-booming, kripik kripik “gurih” lainnya. Saya yakin bila kripik apel dapat lebih dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bahkan internasional, maka petani apel dan UKM kripik apel dapat terangkat kesejahteraannya, dan secara tidak langsung pula dapat meningkatkan perekonomian Indonesia pada umumnya.

Menurut survey yang dilakukan ole Zero20 terhadap ibu dan anak di Amerika, mereka mendapati bahwa kripik atau snack itu berhubungan erat dengan nilai-nilai entertainment. Setelah dipikir-pikir, apa salahnya untuk menggabungkan kripik dengan tulisan tulisan seperti tulisan humor atau slogan slogan lucu. Saya pikir produsen kripik dapat mencetak tulisan tulisan singkat di atas kripik, tinta yang digunakan adalah tinta yang terbuat dari bahan sayuran seperti kedelai, bayam, dan bahan alami lainnya. Dalam satu kemasan kripik akan ada kripik yang dicetak dengan tulisan tulisan singkat dan ada sebagian kripik yang dibiarkan kosong. Di tempat kosong itulah konsumen dapat menuliskan humor mereka sendiri atau apapun, jadi kegiatan makan kripik dapat menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Marker akan diberikan gratis ketika konsumen membeli 2 bungkus kripik Apel!

Gimana teman2? Agak aneh sih memang.. Tapi kenapa tidak? 😀

Setelah kita memiliki suatu ide produk yang kreatif dan inovatif, bagaimana ya cara menjual produk tersebut kepada masyarakat luas. Belum tentu sebuah ide bagus, mendapat respon yang bagus pula dari masyarakat. Secara garis besar ada dua strategi bisnis yang dapat dierapkan untuk menjawab tantangan globalisasi pada 10 tahun mendatang, mereka adalah:

Traditional Business Strategy : Strategi bisnis ini masih menitikberatkan pada perencanaan yang matang, research data kuantitatif, laporan analitis, atau wawancara terhadap industry expert. Untuk dapat tetap survive, perusahaan yang masih menerapkan bisnis strategi tradisional harus mau membuka diri terhadap teknologi dan inovasi yang bermunculan seiring perkembangan jaman. Basis dari dtrategi ini adalah PLANNING.

Innovation & design strategy : Jaman sekarang inovasi cepat sekali bermunculan. Belum sempat kita mengenal dalam akan suatu inovasi sudah muncul inovasi lainnya yang lebih baru, hal ini sangat terasa di bidang teknologi. Untuk dapat bersaing dalam keadaan seperti itu innovation & design strategy sungguh diperlukan. Strategi ini mengutamakan action dulu, nanti bila dalam pelaksanaannya ditemukan kekurangan kekurangan, barulah ide tersebut direncanakan kembali dan diperbaiki.

Menggunakan metode experience dan langsung melihat kepada reality as social constructed. Apabila yang pertama belum baik maka akan terus diperbaiki sehingga menemukan yang terbaik. Jadi staretegi ini mengutamakan action terlebih dahulu baru masuk ke planning. Basis dari strategi ini adalah DOING.

Menurut saya perencanaan itu memang penting, namun jangan terlalu lama. Untuk tetap dapat survive di bidang teknologi atau kreatif ada baiknya agar lebih menerapkan innovation & design strategy.

Keep open mind friends!

Jangan takut berkreasi yaa..

Cheers 🙂

Advertisements

2 Comments (+add yours?)

  1. satriyabisniss
    Mar 28, 2011 @ 00:04:08

    Numpang promo ya gan..:D

    LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 Juta/MINGGU

    Kerja Management dari program kerja online (Online Based Data Assignment Program / O.D.A.P) MEMBUTUHKAN 200 KARYAWAN diseluruh indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/MINGGU+GAJI POKOK 2 JUTA/BULAN, Tugasnya hanya ENTRY DATA, per entry @10rb, Misal hari ini ada kiriman 200 data dari O.D.A.P yang harus di ENTRY berarti kita dapat hari ini @10Rb x 200 = 2 JUTA. Lebih Jelasnya kirimkan Nama LENGKAP & EMAIL ANDA.

    Buka http://www.penasaran.net/?ref=cdizbb

    Reply

  2. augustinemerriska
    May 16, 2011 @ 16:53:44

    setuju kita harus selalu berani ya ia. jangan pernah takut buat dibilang aneh. haha.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: