IDEO: Sang Katalisator Inovasi

Kali ini saya akan mengupas mengenai suatu perusahaan yang berbasiskan kreativitas dan inovasi, namanya IDEO. Perusahaan ini memiliki keahlian dalam merancang produk produk inovasi, desain berpikir, desain suatu usaha, desain interaksi, dan dampak sosial. Servis yang ditawarkan IDEO dapat digolongkan menjadi 3 bagian besar yaitu:

  1. Mengidentifikasi cara cara baru untuk melayani dan membantu masyarakan, berdasarkan pola kebutuhan, perilaku, dan keinginan.
  2. Membantu berbagai perusahaan dan merek untuk memberi nilai tambah kepada produk dan servis mereka.
  3. Membangun sebuah sistem dalam suatu perusahaan atau organisasi agar para perkerja yang ada di dalamnya senantiasa untuk berpikir secara kreatif dan inovatif.

Intinya sih IDEO itu adalah perusahaan jasa desain.

Nah, sekarang sebenarnya apa sih yang membuat IDEO berbeda dari perusahaan yang lain? Yuk, kita ngulik sisi sisi inovasi yang dimiliki IDEO…

* Inovasi Teknologi

Dalam pelaksanaan bisnisnya IDEO menerapkan sistem Technology Brokering yaitu saling menghubungkan teknologi yang sudah ada pada suatu bidang dengan bidang yang lain. IDEO tidak perlu menemukan teknologi baru untuk membuat suatu inovasi, perusahaan ini hanya perlu mencari teknologi yang sudah pernah ada sebelumnya dari bidang industri yang mungkin tidak berkaitan sebelumnya.

Salah satu alasan mengapa IDEO bisa sukses dengan mengandalkan sistem Technology Brokering ini adalah IDEO memiliki pengalaman menciptakan lebih dari 3000 produk baru dari 40 jenis industri yang berbeda. Semakin beragam industri yang pernah dijajaki oleh IDEO, semakin kaya pula referensi teknologi yang mereka ketahui. Hal ini yang membuat IDEO sulit dikalahkan oleh perusahaan sejenis lainnya.

Contoh produk hasil dari sistem Technology Brokering adalah Crave Aid Patch. IDEO memanfaatkan teknologi yang sudah pernah ada sebelumnya yaitu Nicotine Patch yaitu sejenis alat yang ditempelkan di bahu untuk mengurangi hasrat merokok seseorang. Crave aid patch fungsinya adalah untuk mengurangi hasrat seseorang untuk mengkonsumsi junk food atau makanan tidak sehat lainnya (yang memiliki kadar lemak jenuh dan gula yang tinggi).

Gambar: Nicotine Patch

Gambar: Crave Aid Patch

* Inovasi Proses


Suasana kerja di IDEO sangatlah nyaman dan menyenangkan, masing masing perkerja yang ada bebas untuk merancang ruang kerjanya. Mereka boleh menaruh benda benda apapun disekitar tempat kerja mereka selama tidak mengganggu orang lain. Menurut CEO IDEO, lebih baik para karyawannya minta maaf daripada minta ijin.

Dalam menangani sebuah proyek, para desainer IDEO akan banyak melakukan brainstorm ide, mereka biasanya akan berkerja dalam kelompok. Proses kerja para desainer di IDEO adalah seperti digambarkan pada diagram dibawah ini:


1. Understand

Pada tahap ini para pekerja harus mengerti inti proyek yang mereka tangani. Hal hal penting yang harus mereka identifikasi adalah siapa target marketnya, siapa klien mereka, dan teknologi apa yang diperlukan.

2. Observe

Pada tahap observasi hal yang harus dibahas adalah apa kebingungan konsumen terhadap barang/jasa sebelumnya, apakah ada hal hal yang dibenci, apakah mereka sudah cukup puas dengan barang/jasa yang ada. Tim IDEO ingin mengisi celah celaha atau kesenjangan yang ada pada suatu barang/jasa.

3. Visualize
Bila gagasan baru sudah terbentuk, mereka harus mewujudkan melalui barang barang yang bisa dilihat. Bila idenya adalah mengenai perbaikan proses, mereka harus mem-visualisasikannya menjadi storyboard. Bila gagasannya mengenai suatu barang mereka harus membuat prototype nya. Tahap ini memudahkan tim IDEO untuk melihat hal apa yang kurang atau mungkin belum terpikirkan dalam tahap sebelumnya.

4. Evaluate & Refine

S etelah membuat prototype, Tim IDEO akan berkumpul dan membahas satu persatu kelebihan dan kekurangan dari gagasan yang telah dibuat. Kritikan adalah hal sangat penting dalam proses ini. Kritik yang dilontarkan oleh anggota tim IDEO, yang berasal dari berbagai latar belakang ilmu pengetahuan, akan menutup celah celah pada suatu gagasan baru.

5. Implement

* Inovasi Produk & Jasa


Sejak berpuluh puluh tahun yang lalu, IDEO sudah memulai  untuk membuat beragam inovasi. Banyak perusahaan besar sudah mengakui kehebatan gagasan dan inovasi terapan yang dirancang IDEO. Berikut adalah contoh proyek yang telah sukses dikerjakan oleh IDEO:

1. Stitch & Thread Project

Eileen Fisher adalah salah satu women clothing brand yang sudah lama berdiri. Selama ini bisnis mereka bagus namun sepertinya target market mereka mulai bergeser. Karena Eileen Fisher sudah berdiri sejak 25 tahun yang lalu, banyak wanita muda jaman sekarang menganggap bahwa Eileen adalah merk baju milik ibu mereka, yang kesannya tua dan membosankan. Padahal sebenarnya tidak.

Eileen Fisher memakai jasa IDEO untuk membangun kembali image mereka, bahwa merk ini cocok untuk wanita dari berbagai umur baik muda maupun tua. Dengan melakukan reasearch dan observasi mendalam terhadap target market potensial Eileen Fisher, akhirnya menemukan strategi yang tepat untuk mendekati mereka. IDEO menyarankan perubahan pada iklan, mengganti lay out pada toko Eileen Fisher, memperabrui website, dan menggunakan video sebagai media penyampaian pesan.

Setelah strategi strategi tersebut diterapkan, dalam waktu 2 minggu penjualan melalui toko Eileen Fisher melonjak menjadi 11% dan penjualan online melonjak sebanyak 137% dibandingkan tahun sebelumnya!

2. Pringles Print untuk Procter & Gamble

Pringles adalah salah satu cemilan yang paling populer di dunia. Pringles dapat dengan mudah dikenali dari bentuknya, rasanya yang bermacam macam, dan kemasannya yang unik. Proter & Gamble sebagai perusahaan produsen Pringles memiliki keinginan untuk meningkatkan ketertarikan para konsumen dan juga memperkuat loyalitas para konsumen lama terhadap Pringles.

IDEO adalah mitra yang tepat bagi P&G untuk mencapai keinginannya. IDEO melakukan survey terhadap ibu dan anak mengenai kebiasaan makan dan ngemil mereka. Akhirnya muncul lah suatu kesimpulan bahwa kebiasaan ngemil kripik berkaitan erat dengan entertainment atau hiburan. Setelah melakukan brainstorming pada tim IDEO dan diskusi dengan pihak P&G, lahirlah gagasan Printed Pringles. Konsepnya adalah mencetak humor2 singkat, gambar kartun populer, atau pertanyaan lucu pada kripik Pringles, tinta yang digunakan berasal dari bahan sayuran berwarna merah atau biru. Hasil dari terapan gagasan ini adalah meningkatnya penjualan Pringles dan brand yang semakin mengakar kuat dalam masyarakat. Pringles juga mendapat tempat tersendiri di kebudayaan pop anak muda.

* Inovasi Model Bisnis

IDEO banyak membantu perusahaan untuk membentuk bisnis model yang efektif dan menguntungkan. Proyek yang pernah IDEO tangani adalah membangun servis keuangan pribadi yang mengakar pada gaya hidup masyarakat, membangun model bisnis yang berkelanjutan untuk perusahaan pendidikan online, mendesain kembali cara penjualan produk langsung pada pasar di negara negara berkembang, dan mengembangkan penjualan obat tanpa resep oleh perusahaan farmasi.

IDEO percaya bahwa semua bagian proses bisnis dapat dibuat prototype nya, termasuk dalam membuat proyeksi financial. IDEO membantu kliennya untuk merancang strategi dari perencanaan awal hingga penjualan ke konsumen. IDEO dapat menggabungkan inovasi dari berbagai bidang industri yang berbeda yang mungkin bisa efektif diterapkan dalam bisnis sang klien.

Inovasi yang paling menarik menurut saya adalah website openIDEO. Pada web tersebut, semua orang dapat menyumbangkan idenya mengenai suatu tema kasus. Website ini memungkinkan kita untuk melakukan brainstorm ide dengan orang di seluruh dunia. Dari website ini pula banyak perusahaan yang mendapat inspirasi mengenai inovasi baru yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh mereka. Keren banget kan!

Kesimpulan:

Dari pembahasan mengenai perusahaan IDEO, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa apapun sektor industri suatu perusahaan pasti mereka memerlukan inovasi yang berkelanjutan. Inovasi itu akan lama bila hanya kita pikirkan sendiri. Inovasi akan terstimulasi dengan baik apabila kita sering melakukan diskusi, tukar pikiran, dan mau menerima kritik dari orang lain. Menurut saya, IDEO adalah suatu perusahaan yang berperan sebagai katalisator bagi terciptanya inovasi baru di dunia ini. Cara cara yang diterapkan IDEO sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diterapkan di kehidupan kita. Semoga dengan adanya konsep open innovation, semakin banyak lagi orang orang yang berpikir kritis dan menciptakan berbagai temuan baru! Salam inovatif teman!! 🙂

Referensi:

http://www.ideo.com

http://openideo.com

Advertisements

3 Comments (+add yours?)

  1. azmi
    Mar 14, 2011 @ 05:27:40

    keren deh, disaat orang orang me-review perusahaan besar seperti google, tp km malah me-review ideo, jd kita tau apa itu ideo.. great!

    Reply

  2. augustinemerriska
    May 16, 2011 @ 16:54:55

    wuaww kereeen deeh. iya kita jadi tau apa itu ideo. 🙂

    Reply

  3. Ema Yarsi
    Dec 05, 2012 @ 01:52:42

    Alhamdulillah dapat dijadikan tambahan untuk menjawab kasus pemasaran

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: